Logo Bloomberg Technoz

“Kalau teman-teman APJII berkenan untuk membentuk Pokja atau apapun namanya, dengan senang hati ya, mudah2an ATSI juga dilibatkan, silahkan.” kata Plt Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Kominfo, Ismail.

Keterangan kepada pers dari BSSN, Kominfo, Telkom Sigma terkait serangan Brain Cipher ransomware pada server PDN. (Dok: Kominfo)

Selain berinisiatif untuk membentuk sebuah tim untuk membantu pemerintah dalam pengamanan siber di Indonesia, APJII juga menyampaikan masukan kepada pemerintah untuk kembali melakukan evaluasi bersama untuk meningkatkan protokol keamanan pusat data tersebut.

Berikut rekomendasi untuk peningkatan keamanan data kepada Pemerintah:

  1. Melakukan evaluasi menyeluruh dan peningkatan signifikan dalam protokol keamanan, dengan langkah taktis pemulihan menyeluruh atas layanan PDNS 2, termasuk evaluasi tata kelola PDNS, dan audit keamanan.

  2. Melakukan perubahan tata kelola ekosistem PDN dan peningkatan kapabilitas cybersecurity pada administrator menunjukkan kebutuhan untuk membangun arsitektur keamanan siber yang kuat. Langkah taktis berupa melengkapi endpoint security solution, network security solution.

  3. APJII siap berkontribusi maksimal dalam menjaga keamanan data nasional bersama-sama, tidak hanya dari sektor pemerintah tetapi juga dari komunitas internet. Langkah konkrit berupa pelatihan sesi APEL, optimalisasi Cyber Security Operations Center (CSoC).

Ransomware Brain Cipher Kasih Key PDNS Gratis (Bloomberg Technoz/Arie Pratama)

(wep)

No more pages