Logo Bloomberg Technoz

Eropa Akan Luncurkan Roket Pesaing SpaceX Milik Elon Musk

News
09 July 2024 16:00

Ilustrasi Roket (Sumber: Eva Marie Uzcategui/Bloomberg)
Ilustrasi Roket (Sumber: Eva Marie Uzcategui/Bloomberg)

Bruce Einhorn dan Kate Duffy - Bloomberg News

Bloomberg, Setelah bertahun-tahun tertunda, roket Ariane 6 Eropa yang baru akhirnya siap untuk lepas landas. Peluncuran ini untuk membuktikan bahwa pesawat ruang angkasa yang kuno dan sekali pakai masih memiliki tempat di industri yang semakin didominasi oleh peluncur yang dapat didaur ulang.

Kendaraan pengangkat berat yang dibuat oleh perusahaan patungan Airbus SE-Safran SA, ArianeGroup, dijadwalkan untuk penerbangan perdananya pada 9 Juli dari bandar antariksa di Guyana Prancis di pantai timur laut Amerika Selatan. Lepas landas dijadwalkan pada pukul 14.00 waktu New York.

Meski menjadi pusat ambisi ruang angkasa Eropa, Ariane 6 tidak memiliki teknologi roket yang dapat digunakan kembali yang telah mendorong kebangkitan SpaceX menuju dominasi yang nyaris monopolistik. Namun, para pejabat mengatakan bahwa mereka memenangkan bisnis dari operator satelit seperti Amazon.com Inc yang menghadapi kekurangan peluncuran non-SpaceX.

"Kami memiliki pesanan tetap selama tiga tahun," ujar Lucia Linares, kepala strategi dan peluncuran institusional Badan Antariksa Eropa (ESA) kepada para wartawan bulan lalu.