Logo Bloomberg Technoz

Polda Metro Jaya Catat Jumlah Tilang ETLE Capai 10 Juta per Bulan

Redaksi
09 July 2024 14:40

Ilustrasi kamera ETLE. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Ilustrasi kamera ETLE. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kepolisian Daerah atau Polda Metro Jaya merilis angka pelanggaran yang terekam melalui sistem tilang elektronik atau kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di wilayah hukumnya. 

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Latif Usman mengatakan, ada sekitar 10 juta pelanggaran yang terekam kamera ETLE setiap bulan.

“Kamera CCTV dan sensor induksi magnetik ETLE mampu mendeteksi pelanggaran lalu lintas secara otomatis dan mengambil gambar sebagai bukti. Selain ETLE statis di lampu merah, ada ETLE Mobile yang dipasang pada kendaraan Patroli Polisi dan berkeliling di sejumlah jalan,” kata Latif dikutip dari laman Humas Polri, Selasa (9/7/2024).

Menurut dia, kamera ETLE berhasil merekam foto dan video dimana saat itu pengendara sedang melakukan pelanggaran lalu lintas. Data ini dijadikan bukti untuk landasan mengirimkan surat konfirmasi tilang kepada pengendara berdasarkan hasil rekaman kejadian dan pelat nomor ke alamat pemilik.

Latif tak mengungkap secara detil tentang jumlah dan jenis pelanggaran lalu lintas yang terekam tilang elektronik. Meski demikian, menurut dia, sebagian besar pelanggaran tercatat dilakukan para pengemudi roda dua atau sepeda motor.