Logo Bloomberg Technoz

PKS Klaim Jajaki Koalisi dengan PSI di Sejumlah Pilkada

Mis Fransiska Dewi
09 July 2024 14:15

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep. (Tangkapan Layar via Instagram @psi_id)
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep. (Tangkapan Layar via Instagram @psi_id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera mengatakan, pertemuan antara Presiden PKS Ahmad Syaikhu dengan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep tak sekadar silaturahmi. Meski masih tahap awal, kedua partai berencana menjalin koalisi pada sejumlah Pilkada tahun ini.

"Sebetulnya Pilkada tidak menjadi pembahasan spesifik, ingin silaturahim. Bahwa dari situ kita bisa melihat kerjasama yang lain bagus," kata Mardani di Komples DPR, Selasa (9/7/2024).

Dia tak menampik salah satu kontestasi politik yang disasar adalah Pilkada DKI Jakarta. PKS mengklaim menawarkan kepada PSI yang memiliki 8 kursi di DPRD DKI Jakarta, untuk ikut mengusung Anies Baswedan-Sohibul Iman bersama PKB.

Meski diketahui, PSI adalah bagian dari koalisi Indonesia maju yang mengusung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pemilu 2024. Koalisi ini dikabarkan akan solid kembali pada Pilkada DKI Jakarta yang rencananya mengusung mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil; bukan Anies Baswedan. 

"Karena baru, mas Kaesang selalu hati-hati. Kita akan terus berkomunikasi," ujar Mardani.