Logo Bloomberg Technoz

Daftar 4 K/L dengan Lapkeu Tak Dapat Opini Tertinggi dari BPK

Redaksi
09 July 2024 12:40

Ilustrasi Gedung BPK RI (Situs: bpk.go.id)
Ilustrasi Gedung BPK RI (Situs: bpk.go.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melaporkan terdapat empat laporan keuangan kementerian/lembaga (K/L) yang tidak mendapat opini terbaik Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), melainkan status lebih rendah, yakni Wajar Dengan Pengecualian (WDP). 

Berdasarkan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) 2023 yang diterbitkan BPK, keempat K/L tersebut antara lain Kementerian Pertanian, Kementerian ESDM, Kementerian Komunikasi dan Informatika, dan Badan Pangan Nasional.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan atas 84 laporan keuangan K/L, terdapat 80 K/L yang mendapat opini WTP dan empat K/L yang mendapat opini WDP," demikian tertulis dalam LKPP 2023.

LKPP merupakan pertanggungjawaban anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) 2023 yang tersusun atas satu Laporan Keuangan Bendahara Umum Negara (LKBUN) dan 84 Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga (LKKL). 

"BPK memberikan opini WTP atas LKPP Tahun 2023. Opini tersebut merupakan opini WTP yang kedelapan sejak diraih LKPP pada tahun 2016," ujar Ketua BPK Isma Yatun dalam Pidato Penyerahan LKPP 2023, dikutip Selasa (9/7/2024).