Logo Bloomberg Technoz

AS Perluas Pengawasan Investasi Asing di Dekat Pangkalan Militer

News
09 July 2024 11:30

Tentara Amerika Serikat (Sumber: Bloomberg)
Tentara Amerika Serikat (Sumber: Bloomberg)

Daniel Flatley - Bloomberg News

Bloomberg, Departemen Keuangan Amerika Serikat (AS) akan memperluas pemeriksaan investasi asing di dekat markas militer untuk mengatasi dugaan ancaman keamanan dari China dan negara-negara lain. 

Menteri Keuangan Janet Yellen mengatakan dalam pernyataan tertulis bahwa aturan baru yang diusulkan ini "akan lebih memperluas" wilayah kewenangan satu panel khusus pemerintah yang menilai pembelian perusahaan asing dan properti AS oleh pihak asing.

Komite Investasi Asing di AS (Cfius), pimpinan Depkeu, memiliki kewenangan untuk mengkaji, membatalkan atau membuat pembatasan terhadap pihak asing dalam membeli properti di dekat instalasi militer yang sensitif. Kewenangan ini dibuat karena kekhawatiran terhadap kegiatan mata-mata dan pengintaian. 

Seorang pejabat Depkeu AS yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan langkah ini akan membuat lebih dari 50 markas militer di 30 negara bagian AS masuk dalam daftar yang dipantau. Sehingga, sekarang jumlah markas militer yang masuk dalam pengawasan investasi itu menjadi 227.