Logo Bloomberg Technoz

BI Sebut Penjualan Ritel Mei-Juni Naik

Hidayat Setiaji
09 July 2024 10:27

Pengunjung beraktivitas di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta Barat, Minggu (14/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Pengunjung beraktivitas di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta Barat, Minggu (14/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bank Indonesia (BI) melaporkan penjualan eceran atau ritel tumbuh positif pada Mei. Pada Juni, penjualan ritel diperkirakan tumbuh lebih tinggi.

Penjualan ritel yang dicerminkan dengan Indeks Penjualan Riil (IPR) berada di 228,1 pada Mei. Tumbuh 2,1% dibandingkan periode yang sama tahun lalu (year-on-year/yoy). 

"Peningkatan didorong oleh Subkelompok Sandang, Kelompok Makanan, Minuman, dan Tembakau, serta Suku Cadang dan Aksesori," sebut keterangan tertulis BI, Selasa (9/7/2024).

Namun secara bulanan (month-to-month/mtm), IPR Mei turun 3,5%. Ini karena normalisasi aktivitas masyarakat pasca-Idulfitri. Kontraksi lebih dalam tertahan oleh beberapa kelompok yang masih tumbuh positif, yaitu Kelompok Suku Cadang dan Aksesori serta Bahan Bakar Kendaraan Bermotor.

Untuk Juni, BI memperkirakan IPR tumbuh lebih tinggi yakni 4,4% yoy. Meningkatnya penjualan eceran didorong oleh Kelompok Perlengkapan Rumah Tangga Lainnya, Subkelompok Sandang, serta Kelompok Makanan, Minuman, dan Tembakau.