Logo Bloomberg Technoz

Alasan BPK Beri Opini Tertinggi ke Laporan Keuangan RI 2023

Redaksi
09 July 2024 10:23

Ketua BPK, Isma Yatun. (Dok. BPK RI Badiklat PKN)
Ketua BPK, Isma Yatun. (Dok. BPK RI Badiklat PKN)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) Tahun 2023. 

LKPP merupakan pertanggungjawaban anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) 2023 yang tersusun atas satu Laporan Keuangan Bendahara Umum Negara (LKBUN) dan 84 Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga (LKKL). 

"BPK memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas LKPP Tahun 2023. Opini tersebut merupakan opini WTP yang kedelapan sejak diraih LKPP pada tahun 2016," ujar Ketua BPK Isma Yatun, dikutip Selasa (9/7/2024).

Isma Yatun menegaskan pemeriksaan yang inklusif dan berkualitas diharapkan dapat memberi keyakinan bagi para pemangku kepentingan atas pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara. 

Menurut opini BPK, laporan keuangan menyajikan secara wajar dalam semua hal yang material. Lingkup pemeriksaan meliputi posisi neraca keuangan pemerintah pusat pada 31 Desember 2023, dan realisasi APBN, perubahan saldo anggaran lebih, operasional, arus kas, serta perubahan ekuitas untuk tahun yang berakhir pada tanggal tersebut, sesuai dengan standar akuntansi pemerintahan.