Logo Bloomberg Technoz

Resmi, Kebijakan Gas Murah HGBT Dilanjut untuk 7 Sektor Industri

Dovana Hasiana
09 July 2024 10:10

Perusahaan Gas Negara (PGAS). (Dok. PGN)
Perusahaan Gas Negara (PGAS). (Dok. PGN)

Bloomberg Technoz, Jakarta Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif memastikan kebijakan harga gas bumi tertentu (HGBT) paling rendah sebesar US$6/million british thermal unit (MMBtu) berlanjut pasca-2024.

Adapun, kebijakan HGBT diputuskan tetap untuk 7 sektor industri yang berkontribusi dalam memberikan nilai tambah untuk negara, meskipun Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah meminta agar kebijakan ini diperluas ke seluruh industri.

Dengan demikian, 7 industri yang bakal tetap mendapatkan kebijakan harga gas murah pasca-2024 adalah industri pupuk, petrokimia, oleokimia, baja, keramik, kaca, dan sarung tangan karet.

“[HBGT] lanjut, industrinya kan ada lagi yang tumbuh-tumbuh, tetapi masuk di dalam kelompok 7 industri,” ujar Arifin dalam pernyataannya di Kompleks Parlemen, dikutip Selasa (9/7/2024). 

Jaringan pipa gas PGN (Sumber foto website PGN)

Kepastian berlanjutnya HGBT pasca-2024 juga sudah disampaikan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir usai mengikuti rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo pada Senin (8/7/2024).