Logo Bloomberg Technoz

Itu juga akan menjadi momen pernyataan Powell pertama setelah data pasar tenaga kerja pada Jumat lalu menunjukkan pelemahan lebih lanjut. Tingkat Pengangguran AS pada Juni secara tak terduga melonjak ke 4,1%. 

"Dengan tanda-tanda pertumbuhan dan pasar tenaga kerja yang lebih lemah baru-baru ini, pasar akan mencermati apakah Powell memberikan petunjuk mengenai waktu pemangkasan suku bunga," kata Carol Kong, Ahli Strategi di Commonwealth Bank of Australia di Sydney.

Menurut data swap yang dikumpulkan oleh Bloomberg, saat ini pasar memperkirakan kemungkinan dua kali pemangkasan suku bunga acuan tahun ini, dengan peluang mencapai 70% untuk penurunan pertama di September, 

Tim Research Phillip Sekuritas memaparkan, Tingkat Pengangguran meninggi menjadi 4,1%, tertinggi sejak November 2021, dari 4,0% di bulan sebelumnya dan melampaui ekspektasi pasar yang tidak berubah atau tetap di 4,0%.

“Sinyal pelemahan pada pasar tenaga kerja AS di awal minggu lalu, terlihat dari data JOLTS, ADP Employment Report, dan Weekly Jobless Claims, juga memperkuat pandangan bahwa laju kenaikan inflasi akan terus melambat sehingga memberi ruang bagi Federal Reserve untuk menurunkan suku bunga acuan dari level saat ini yang adalah tertinggi dalam dua dekade,” mengutip riset harian Tim Research Phillip Sekuritas.

(fad)

No more pages