Logo Bloomberg Technoz

Jarak tempuh menuju lokasi, dari pos lapangan yang berada di Desa Tulabolo, kata Muhari, butuh waktu 9 jam dengan berjalan kaki. Terdapat 1 jembatan yang menghubungkan lokasi terdampak. 

BNPB mengimbau para petugas gabungan untuk tetap waspada dan siap siaga dalam operasi SAR di lokasi terdampak longsor. 

Kronologi Longsor

Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (SAR) wilayah Gorontalo menjelaskan kronologi dari insiden tanah longsor di sebuah tambang emas kecil di Desa Tulabolo Timur, Kecamatan Suwawa Timur, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Minggu (7/7/2024).

Kepala Kantor Pencarian SAR Gorontalo Heriyanto menerangkan pada saat kejadian, cuaca di Desa Tulabolo Timur pada Sabtu malam, sejak pukul 23.00 WITA hingga pukul 02.30 WITA, diguyur hujan deras hingga mengakibatkan longsor di sekitar wilayah tambang ilegal tersebut. 

"Awalnya, informasi yang kami ketahui itu korbannya itu hanya satu keluarga.  Satu keluarga yang tertimpa longsor dan makin ke sini berkembang informasinya. Sekarang total korban itu kurang lebih 35 orang, tetapi 35 orang itu dibagi dibagi beberapa kelompok," jelas Heriyanto kepada Bloomberg Technoz, Senin (8/7/2024). 

(red/ain)

No more pages