Logo Bloomberg Technoz

“Teman-teman ahli IT OJK sebenarnya setiap saat siap untuk bisa menangani persoalan-persoalan dengan koordinasi bersama bank itu sendiri dan mereka secara rutin lakukan asesmen profil bank dan beri masukan kepada bank-bank itu,” ujar Dian.

Ia mengungkapkan, pihaknya telah mengeluarkan aturan tentang keamanan siber perbankan yang menjelaskan secara rinci ukuran masalah siber, hingga langkah-langkah untuk melakukan pengujian ketahanan siber.

Dengan demikian, pihaknya akan terus melakukan pemantauan dan memastikan perbankan semaksimal mungkin terhindar dari kemungkinan terkena serangan siber.

“Dan tentu dipihak lain, di pihak Pak Waka [Wakil Ketua OJK] yang bertahap [menambahkan] SDM [Sumber Daya Manusia] ahli IT kami,” ucap Dian.

Dia menegaskan bahwa hal tersebut telah dikomunikasikan kepada para pimpinan bank. Sehingga, keamanan siber perbankan diharapkan dapat lebih terjaga dengan pembahasan yang telah dilakukan tersebut.

“Oleh karena itu hari ini saya di topik kedua, saya sudah sampaikan kepada seluruh bank terkait isu ketahanan siber kepada setiap bank agar memperhatikan ketahanan siber,” ungkap Dian.

(azr/ain)

No more pages