Logo Bloomberg Technoz

"Agresi kejam ini - pengabaian total terhadap kehidupan manusia, yang membahayakan keamanan Eropa & Transatlantik - adalah mengapa para pemimpin akan membuat komitmen keamanan yang signifikan untuk Ukraina minggu ini," kata Duta Besar AS untuk Ukraina, Bridget Brink, dalam sebuah pernyataan di platform media sosial.

Pasukan Rusia telah meningkatkan serangan udara ke Ukraina tahun ini, terutama menargetkan infrastruktur energi negara itu. Serangan tersebut telah menghancurkan kapasitas pembangkit listrik negara, termasuk melumpuhkan sekitar 80% produksi listrik termal. Serangan telah memicu pemadaman listrik secara luas, yang sebelumnya hanya biasa terjadi selama musim dingin.

Serangan di Kryvyi Rih, kampung halaman Zelenskiy, melukai lebih dari 30 orang, kata Walikota Oleksandr Vilkul di Telegram, merujuk serangan di gedung administrasi pabrik.

Hantaman rudal besar-besaran di Kyiv adalah serangan pertama sejak akhir Maret. Puing-puing rudal jatuh di tujuh distrik kota, menyebabkan kerusakan, membakar pusat bisnis, rumah sakit, rumah pribadi, garasi, dan mobil.

(bbn)

No more pages