Logo Bloomberg Technoz

Jepang & Filipina Teken Pakta Militer, Lawan Ancaman di LCS

News
08 July 2024 19:00

Kapal Patroli China di Laut China Selatan (Dok: Bloomberg)
Kapal Patroli China di Laut China Selatan (Dok: Bloomberg)

Cliff Venzon dan Ditas Lopez - Bloomberg News

Bloomberg, Jepang dan Filipina pada Senin (08/07/2024) menandatangani perjanjian penting yang akan memfasilitasi kunjungan militer bersama, di tengah upaya sekutu AS tersebut mempererat hubungan pertahanan di saat ketegangan dengan China masih terjadi.

Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr menyaksikan penandatanganan Perjanjian Akses Timbal Balik (Reciprocal Access Agreement/RAA), yang sebelumnya dia anggap sebagai peningkatan terhadap keamanan negaranya. Penandatanganan tersebut dilakukan saat pertemuan antara menteri pertahanan dan luar negeri Jepang dan Filipina di Manila pada Senin.

Pakta tersebut membuka jalan untuk latihan militer gabungan, seperti yang dilakukan Filipina dengan AS dan Australia, di mana Manila memiliki pengaturan pertahanan serupa.

Ini juga selaras dengan upaya Marcos untuk memperkuat hubungan dengan negara-negara yang "sepemikiran" ketika pemerintahannya melawan klaim besar-besaran Beijing di Laut China Selatan. Manila juga sedang dalam pembicaraan untuk perjanjian kunjungan pasukan dengan Prancis dan Kanada.

Klaim teritori di Laut China Selatan. (Sumber: Bloomberg)