Logo Bloomberg Technoz

Singkawang, Salatiga dan Bekasi Tiga Kota Paling Toleran di RI

Sultan Ibnu Affan
06 April 2023 21:45

Peluncuran Indek Kota paling Toleran oleh SETARA (Bloomberg Technoz/Sultan Ibnu Affan)
Peluncuran Indek Kota paling Toleran oleh SETARA (Bloomberg Technoz/Sultan Ibnu Affan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Hasil riset yang diluncurkan oleh SETARA Institute menobatkan Kota Singkawang menjadi kota yang paling toleran berdasarkan Indeks Kota Toleran (IKT) 2022 yang dirilis pada hari ini, Kamis (6/4/2023). Kota Singkawang mendapatkan skor 6,583. Angka itu skor tertinggi dari 10 kota paling toleran di Indonesia.

Posisi ini juga menjadi ketiga kalinya kota yang dijuluki seribu kelenteng itu menduduki posisi teratas dari hasil riset tersebut. Pada 2021, ia juga menempati posisi teratas dengan skor 6,483.

Sebagai catatan, laporan Indeks Kota Toleran (IKT) 2022 merupakan hasil pengukuran yang dilakukan SETARA Institute untuk mempromosikan praktik-praktik toleransi terbaik kota-kota di Indonesia. Indeks Kota Toleran 2022 merupakan laporan keenam SETARA Institute sejak pertama kali diterbitkan pada tahun 2015.

Toleransi dan kerukunan beragama diketahui menjadi penting di Indonesia mengingat keragaman suku, budaya dan adat yang ada di wilayah bangsa. Selain itu masyarakat Indonesia juga menganut agama yang tak homogen sehingga rakyatnya pluralis. Oleh karena itu sikap dan kondisi toleransi menjadi penting. 

“IKT 2022 ini merupakan hasil pengukuran yang dilakukan SETARA Institute untuk mempromosikan praktik-praktik toleransi terbaik kota-kota di Indonesia," kata Kepala Badan Pengurus SETARA Institute Ismail di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat.