Logo Bloomberg Technoz

Sehari ini indeks dolar AS masih stabil di 104,90, setelah bursa Eropa dibuka turun pasca kemenangan koalisi sayap kiri. 

Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indarwati bicara dalam rapat kerja bersama Badan Anggaran DPR-RI dan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo di Jakarta pada hari ini, Senin (8/7/2024).

Dalam paparannya, Sri Mulyani melaporkan, APBN Juni mencatat defisit yang makin lebar sebesar Rp77,3 triliun. Angka defisit itu lebih tinggi ketimbang bulan sebelumnya yang baru sebesar Rp21,8 triliun.

Dengan demikian, pada 2024, APBN diprediksi akan membukukan defisit total sebesar Rp609,7 triliun, setara 2,7% dari Produk Domestik Bruto. 

Persentase defisit itu akan menjadi yang terbesar sejak data dikumpulkan mulai tahun 2005 silam oleh Bloomberg, di luar lonjakan defisit APBN pada masa pandemi Covid-19.

Angka itu juga melampaui perkiraan defisit APBN 2024 sebelumnya yang diperhitungkan di kisaran 2,29% pada awal tahun kemarin.

Pada rapat yang sama Gubernur Perry menyebut, ada ruang penurunan bunga acuan, BI rate, pada kuartal IV tahun ini apabila nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat masih terjaga stabil.

"Kami akan coba mungkin kalau ada ruangan untuk menurunkan bunga acuan BI rate pada triwulan IV-2024. Tapi fokus kami saat ini adalah menjaga stabilitas rupiah," kata Perry.

(rui)

No more pages