Logo Bloomberg Technoz

KPK: Kerugian Negara Korupsi Shelter Tsunami PUPR Rp19 Miliar

Muhammad Fikri
08 July 2024 16:10

Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut kerugian negara yang timbul akibat tindak pidana korupsi pada proyek pembangunan Tempat Evakuasi Sementara (TES)/Shelter Tsunami di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada 2014 mencapai Rp19 miliar.

"Kerugian negara untuk perkara tersebut sekitar kurang lebih Rp19 miliar" kata Jubir KPK, Tessa Mahardhika Sugiarto kepada wartawan, Senin (8/7/2024)

KPK juga mengabarkan bahwa kasus tersebut telah tercium oleh penyidik sejak tahun 2023. Lembaga antirasuah juga telah menetapkan dua tersangka pada kasus tersebut yang merupakan satu orang berasal dari lembaga negara dan satu orang lainnya yang merupakan pegawai BUMN.

"KPK sejak tahun 2023, telah melakukan penyidikan dugaan TPK tersebut dan telah menetapkan 2 tersangka, yaitu 1 dari penyelenggara negara dan 1 lainnya dari BUMN," kata dia.

Meski telah menetapkan tersangka dan memprediksi jumlah kerugian negara, tim penyidik KPK masih enggan mengungkap nama dari para tersangka tersebut hingga penyidikan telah diselesaikan.