Logo Bloomberg Technoz

Forum grup peretas BreachForums, kerap mempublikasikan file yang berhasil dibobol beserta password dari pengelola lama.  Kebanyakan karakter password yang dipakai sangat umum. Sehingga, ada baiknya pemilik akses mencari alternatif lain dari deretan password paling umum yang telah disampaikan di atas.

Berbekal Algoritma, Password Makin Mudah Diretas

Kaspersky Lab sebelumnya memperingatkan bahwa hampir separuh dari kata sandi di dunia dapat diretas dalam waktu kurang dari satu menit.

Kaspersky Lab menegaskan bahwa sebagian besar kata sandi yang dianalisis dapat dengan mudah diretas menggunakan algoritma pintar. 

"Kaspersky Lab menganalisis 193 juta kata sandi yang tersedia untuk umum di sumber daya dark web, dan menemukan bahwa hampir setengahnya (45% atau 87 juta) dapat dibobol dalam waktu kurang dari satu menit," tulis perusahaan keamanan data dalam informasi resmi bulan Juni lalu.

Perusahaan kemudian mengidentifikasi 14% dari mereka (27 juta) tidak akan membutuhkan waktu lebih dari satu jam untuk diretas, dan 8% (15 juta), tidak lebih dari satu hari.

Para ahli menyebut, "hanya 23% atau 44 juta grup, yang cukup kuat, dan akan membutuhkan waktu lebih dari satu tahun untuk memecahkannya."

(fik/wep)

No more pages