Logo Bloomberg Technoz

Bertemu PM Negara NATO, Xi Seru Lagi Gencatan Senjata di Ukraina

News
08 July 2024 15:20

Xi Jinping, Presiden China. (dok Bloomberg)
Xi Jinping, Presiden China. (dok Bloomberg)

Marton Kasnyik - Bloomberg News

Bloomberg, Presiden China Xi Jinping mengulangi seruannya untuk gencatan senjata di Ukraina dalam sebuah pertemuan mendadak dengan Perdana Menteri (PM) Hungaria Viktor Orban. Kunjungan Orban ke Beijing ini telah membuat marah Eropa atas "misi perdamaian" yang dibuat-buat.

Xi mengatakan bahwa prioritas saat ini adalah "deeskalasi secepat mungkin," menurut sebuah unggahan di X oleh juru bicara Kementerian Luar Negeri di Beijing, yang menggemakan komentar yang telah dibuat oleh negaranya sejak invasi skala penuh Rusia pada tahun 2022.

Orban memuji China. Menurut outlet berita MTI yang dikelola pemerintah Hungaria, ia memujinya dengan "ketegasan dan stabilitas." Komentar Xi sepertinya tidak akan banyak membantu untuk mengakhiri pertempuran.

Beijing telah berusaha untuk menggambarkan dirinya sebagai pihak yang netral sejak serangan Rusia. Namun, Beijing telah mengembangkan persahabatan yang mendalam dengan Moskow sebagai bagian dari yang disebut oleh Xi dan Vladimir Putin sebagai persahabatan "tanpa batas."