Logo Bloomberg Technoz

Sayap Kiri Menang di Pemilu Prancis, Pasar Keuangan Eropa Goyah

News
08 July 2024 14:00

Pendukung Partai National Rally usai pemungutan suara pemilu Prancis pada Minggu (07/07/2024). Fotografer: Nathan Laine/Bloomberg
Pendukung Partai National Rally usai pemungutan suara pemilu Prancis pada Minggu (07/07/2024). Fotografer: Nathan Laine/Bloomberg

Alice Gledhill - Bloomberg News

Bloomberg, Harga obligasi berjangka Prancis turun, euro merosot, dan bursa berjangka Eropa naik tipis saat para trader merespons hasil pemilu legislatif Prancis yang menunjukkan kemenangan mengejutkan bagi aliansi sayap kiri.

Harga obligasi berjangka Pemerintah Prancis turun 28 poin di perdagangan Asia. Mata uang umum turun 0,1% menjadi sekitar US$1,0828, sementara indeks berjangka Euro Stoxx 50 naik sebesar 0,2%. Keberhasilan kelompok sayap kiri telah menyoroti kampanye mereka untuk meningkatkan belanja pemerintah secara tajam.

Menurut data yang dikumpulkan oleh Kementerian Dalam Negeri, Front Populer Baru  (The New Popular Front) — yang mencakup Partai Sosialis dan France Unbowed yang berhaluan kiri — memenangkan 178 kursi di Majelis Nasional. Partai National Rally yang dipimpin Marine Le Pen, yang oleh lembaga survei pekan lalu diprediksi akan memenangkan pemilihan, berada di posisi ketiga dengan 143 kursi. Sementara aliansi sentris Presiden Emmanuel Macron mendapatkan 156 kursi.

Meskipun para pengelola keuangan telah menghabiskan sekita sepekan terakhir atau lebih mengkhawatirkan pemerintahan yang didominasi oleh Le Pen, keberhasilan kelompok sayap kiri kemungkinan masih akan menjadi perhatian pasar. Mengingat hal ini merupakan sebuah ketidakpastian baru di negara dengan ekonomi terbesar kedua di kawasan euro ini, dan karena kelompok ini berkomitmen untuk melakukan pelonggarakan kebijakan fiskal secara luas.

Grafik euro. (Sumber: Bloomberg)