Logo Bloomberg Technoz

Dugaan Korupsi Lampu Jalan: Serempet ESDM, Sempat Riuh di DPR

Dovana Hasiana
08 July 2024 10:20

Penerangan jalan umum tenaga surya (PJUTS)./dok. Ditjen EBTKE Kementerian ESDM
Penerangan jalan umum tenaga surya (PJUTS)./dok. Ditjen EBTKE Kementerian ESDM

Bloomberg Technoz, Jakarta Proyek Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) milik kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), yang tengah diselidiki imbas adanya dugaan korupsi pada pengadaan dan pelaksanaanya, sebelumnya sempat ramai dikritik oleh Komisi VII DPR RI.

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eddy Soeparno mengatakan berbagai masalah di lapangan terkait dengan proyek tersebut mencakup pemasangan yang tidak dilaksanakan secara tuntas, di mana penggalian lubang telah dilakukan, tetapi tiang PJUTS tidak terpasang. 

Kendala selanjutnya adalah pemasangan PJUTS dengan kualitas rendah sehingga cepat rusak dan mangkrak. Selain itu, Eddy mengatakan, Komisi VII juga menyoroti pertanggungjawaban kontraktor yang tidak membayar pekerja lokal.

“Kita menyoroti masalah kendala di lapangan, di mana banyak kontraktor yang tidak menyelesaikan pekerjaannya dengan tuntas,” ujar Eddy kepada Bloomberg Technoz, dikutip Senin (8/7/2024). 

Kementerian ESDM.

Sebelumnya, anggota Komisi VII DPR RI Bambang Patijaya juga menyampaikan bahwa dirinya menerima kritik lantaran terdapat PJUTS yang tidak berfungsi dengan baik di Kepulauan Bangka Belitung.