Logo Bloomberg Technoz

Dengan diterapkannya hal tersebut, dia meyakini Indonesia dapat bersaing di kawasan Asean maupun di tingkat global sebagai tujuan wisata belanja yang lengkap.

Untuk diketahui, beberapa bulan terakhir dikatakan bahwa dengan adanya kendala perizinan impor melalui pertek menyebabkan 26.415 kontainer yang tertahan di Pelabuhan Tanjung Priok dan Tanjung Perak, hingga medio Mei lalu.

Pemerintah lantas mengambil tindakan melalui revisi Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 36/2023 menjadi Permendag Nomor 8/2024 tentang Kebijakan dan Pengaturan Impor yang ditetapkan pada tanggal 17 Mei 2024.

Namun, Kemenperin juga angkat bicara dengan menyebut bahwa lambatnya penerbitan pertek bukan jadi alasan menumpuknya puluhan konteiner tersebut.

Mereka justru balik mempertanyakan adanya perbedaan data antara jumlah pertek dan Persetujuan Impor (PI) yang diterbitkan Kementerian Perdagangan dalam Rapat Koordinasi yang dilakukan secara terbatas pada Kamis (16/5/2024).

Adapun, dalam catatan Kemenperin hingga 17 Mei 2024, Kementerian Perindustrian menerima 3.338 permohonan penerbitan pertek untuk 10 komoditas. 


Dari seluruh permohonan tersebut, telah diterbitkan 1.755 Pertek, 11 permohonan yang ditolak, dan 1.098 permohonan yang dikembalikan kepada pemohon untuk dilengkapi persyaratannya.

(prc/wdh)

No more pages