Logo Bloomberg Technoz

Secara terpisah, Angkatan Udara Ukraina menyatakan bahwa pihaknya telah menjatuhkan 13 pesawat tak berawak jenis Shahed milik Rusia yang diluncurkan dari wilayah Rusia ke wilayah Kirovohrad, Kharkiv, Sumy, dan Poltava dalam semalam.

Dua rudal balistik "Iskander" tidak berhasil dicegat, kata komandan pertahanan udara Ukraina Mykola Oleshchuk di Telegram. Dia tidak menjelaskan lebih lanjut mengenai apa yang ditembakkan atau kerusakan yang terjadi.

Aktivitas pesawat tak berawak tersebut terjadi pada saat pasukan darat Rusia terus menekan di wilayah Donetsk timur Ukraina dan juga meningkatkan serangan mereka di wilayah Kharkiv, tidak jauh dari perbatasan kedua negara.

Presiden Volodymyr Zelenskiy, yang diperkirakan akan menghadiri KTT NATO di Washington minggu ini, mengatakan bahwa Ukraina sedang menyusun strategi maritim baru untuk wilayah Laut Hitam.

"Kami sedang memantapkan kepentingan kami, dengan mempertimbangkan kemampuan teknologi baru Ukraina dan hubungan baru kami dengan para mitra," kata Zelenskiy dalam pidato video malamnya yang disiarkan di X.

(bbn)

No more pages