Logo Bloomberg Technoz

Ribuan Buruh Demo Tolak Ciptaker Hari Ini, Cek Rutenya

Pramesti Regita Cindy
08 July 2024 07:30

Demo menolak pengesahan Perppu Cipta Kerja (Ciptaker) di depan gedung DPR, Senayan, Selasa (14/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Demo menolak pengesahan Perppu Cipta Kerja (Ciptaker) di depan gedung DPR, Senayan, Selasa (14/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta Ribuan buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dan Partai Buruh akan kembali melakukan unjuk rasa di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, hari ini Senin (8/7/2024). 

Unjuk rasa tersebut merupakan aksi lanjutan yang dilakukan bersamaan dengan dilaksanakannya sidang lanjutan Judicial Review Omnibus Law Undang-Undang (UU) Cipta Kerja dengan agenda mendengarkan keterangan ahli dan saksi pemohon di Mahkamah Konstitusi (MK). 

"Kami berharap dengan aksi ini, suara para pekerja dapat lebih didengar dan diperhatikan oleh para Hakim Mahkamah Konstitusi yang sedang menyidangkan uji materiil Omnibus Law UU Cipta Kerja," kata Said Iqbal dalam keterangan tertulisnya, dikutip Senin (8/7/2024).

Aksi ini, lanjut Said, juga akan dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Mulai dari kantor-kantor Gubernur, Bupati, dan Walikota di berbagai kota seperti Semarang, Surabaya, Batam, Medan, Pekanbaru, Banda Aceh, Gorontalo, Banjarmasin, hingga Makassar.

Sementara itu, untuk wilayah Jawa Barat, Banten, dan DKI Jakarta, massa akan berkumpul di Jakarta, dengan titik utama di Gedung MK dan Istana Negara.