Logo Bloomberg Technoz

Bursa Asia Akan Dibuka Beragam di Pekan Penting bagi Pasar Global

News
08 July 2024 06:55

Ilustrasi Bursa Asia. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi Bursa Asia. (Dok: Bloomberg)

Matthew Burgess - Bloomberg News

Bloomberg, Euro jatuh pada awal perdagangan setelah proyeksi awal menunjukkan koalisi sayap kiri akan memenangkan pemilihan legislatif Prancis. Ini menebarkan kekhawatiran tentang keuangan negara. Bursa saham Asia mengawali awal yang beragam di minggu yang penting bagi pasar global.

Euro turun sebanyak 0,4% karena New Popular Front siap untuk mendapatkan kursi terbanyak di parlemen. Partai sayap kanan Marine Le Pen, National Rally--yang secara luas diperkirakan akan memenangkan kursi terbanyak-- terlihat berada di posisi ketiga, setelah aliansi sentris Presiden Emmanuel Macron.

NFP telah menjanjikan peningkatan besar dalam pengeluaran publik, kenaikan upah minimum dan pemotongan usia pensiun, langkah-langkah yang akan memicu bentrokan besar dengan Uni Eropa.

"Dukungan yang ditunjukkan untuk sayap kiri dan seruan dari pemimpin sayap kiri Melenchon untuk memberlakukan agenda NFP sayap kiri secara penuh akan meresahkan beberapa investor," tulis ahli strategi Evercore ISI, Krishna Guha, dalam sebuah catatan untuk para kliennya.