Logo Bloomberg Technoz

Negosiasi Gaji Gagal, Pekerja Samsung Mogok Massal 3 Hari

News
08 July 2024 06:25

Ilustrasi Samsung Electronics Co. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi Samsung Electronics Co. (Dok: Bloomberg)

Yoolim Lee - Bloomberg News

Bloomberg, Pekerja pabrik Samsung Electronics Co diperkirakan keluar dari jalur perakitan pada Senin (8/7/202), memulai aksi buruh terorganisir terbesar dalam setengah abad sejarah grup konglomerat asal Korea Selatan itu.

Serikat pekerja terbesar di perusahaan terbesar Korsel tersebut telah menghabiskan beberapa pekan terakhir untuk mempersiapkan pemogokan selama tiga hari, setelah negosiasi mengenai gaji dan waktu liburan gagal pada bulan lalu.

Tindakan yang direncanakan ini menandai peningkatan dari pemogokan satu hari pada awal Juni – yang pertama dalam 55 tahun keberadaan Samsung. Hal ini dimaksudkan untuk menyampaikan pesan dengan mengganggu produksi di salah satu fasilitas cip tercanggih perusahaan, kata para pemimpin serikat pekerja.

Serikat buruh bermaksud mengumpulkan hingga 5.000 orang untuk melakukan unjuk rasa di luar pabrik semikonduktor Samsung di Hwaseong, sekitar 38 kilometer (24 mil) selatan Seoul, pada hari Senin pukul 11 ​​​​pagi, Lee Hyun-kuk, wakil sekretaris jenderal serikat pekerja, mengatakan kepada Bloomberg News pada Jumat.

Saham Samsung Electronics Co./dok. Bloomberg