Logo Bloomberg Technoz

Detail Subsidi Energi 2025, Ada Transformasi Subsidi LPG 3 KG

Azura Yumna Ramadani Purnama
07 July 2024 20:30

LPG 3 Kg yang terbukti mengalami kecurangan volume di salah satu SPBE Jakarta Utara./dok. Biro Humas Kemendag
LPG 3 Kg yang terbukti mengalami kecurangan volume di salah satu SPBE Jakarta Utara./dok. Biro Humas Kemendag

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Anggaran (Banggar) DPR RI bersama pemerintah telah menyepakati bahwa subsidi energi akan diarahkan agar lebih tepat sasaran dan adil. Secara khusus, pemerintah akan mengupayakan tranformasi subsidi LPG 3kg pada tahun mendatang.

Hal itu, disampaikan atas hasil laporan panitia kerja (Panja) Banggar DPR RI yang telah membahas Asumsi Dasar Ekonomi Makro yang diajukan pemerintah, termasuk arah kebijakan subsidi energi 2025.

Anggota Banggar DPR RI Fraksi Gerindra, Sri Meliyana menjelaskan bahwa, subsidi BBM dan LPG diarahkan agar tetap melanjutkan pemberian subsidi untuk minyak solar dan subsidi atas selisih harga minyak tanah dan LPG tabung 3kg.

“Melanjutkan kebijakan subsidi BBM tepat sasaran, dan ,melanjutkan upaya transformasi subsidi LPG Tabung 3 Kg menjadi berbasis penerima manfaat dan terintegrasi dengan data penerima manfaat yang akurat, diantaranya dengan pendataan pengguna LPG 3 Kg berbasis teknologi,” kata Sri dalam Rapat Kerja Banggar dan Pemerintah di DPR RI, Kamis (4/7/2024).

Ia menegaskan bahwa pemerintah berkomitmen melakukan transformasi LPG 3kg dengan mempertimbangkan kesiapan data, infrastruktur, serta kondisi ekonomi dan sosial masyarakat.