Logo Bloomberg Technoz

BNPB Sebut 673 Keluarga Terdampak Banjir di Tangsel

Azura Yumna Ramadani Purnama
07 July 2024 14:00

Warga melintasi banjir di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat (22/3/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Warga melintasi banjir di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat (22/3/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan 673 kepala keluarga terdampak banjir di Tangerang Selatan pada Sabtu (6/72024) malam.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari menjelaskan bahwa banjir tersebut memiliki ketinggian hingga 80 cm. Ia menyebut, hujan lebat dengan durasi yang lama menjadi salah satu penyebab banjir di wilayah itu.

“Berdasarkan data yang dihimpun oleh BNPB, sedikitnya terdapat tujuh kelurahan yang terendam banjir, di antaranya Kelurahan Pamulang Barat, Kelurahan Rempoa, Kelurahan Keranggan, Kelurahan Jurangmangu Barat, Kelurahan Sawah, Kelurahan Jombang, dan Kelurahan Jelupang,” kata Abdul dalam keterangan resminya, Minggu (7/7/2024).

Selain banjir, tanah longsor juga dilaporkan terjadi di Kelurahan Keranggan, Kecamatan Setu. Akibat insiden tersebut, satu unit rumah terdampak dan dua rumah lainnya berpotensi turut terdampak. 

Terbaru, Minggu (7/7/2024) pagi, BPBD Tangerang Selatan menyebut banjir yang terjadi sudah berangsur surut. Namun, pihaknya masih tetap berjaga untuk mengantisipasi banjir kembali terjadi.