Logo Bloomberg Technoz

Inflasi-Tenaga Kerja Melambat, Akankah Fed Pangkas Suku Bunga?

News
07 July 2024 13:00

Ketua Bank Sentral AS Jerome Powell (Sumber: Bloomberg)
Ketua Bank Sentral AS Jerome Powell (Sumber: Bloomberg)

Reade Pickert and Vince Golle - Bloomberg News

Bloomberg, Gubernur The Fed Jerome Powell kemungkinan akan mengatakan kepada anggota parlemen bahwa para pejabat Federal Reserve atau Bank Sentral Amerika Serikat (AS) membutuhkan lebih banyak bukti perlambatan inflasi sebelum memangkas suku bunga. Meskipun terdapat bukti pelemahan dalam pertumbuhan dan lapangan kerja.

Data indeks harga konsumen Juni diproyeksikan akan menjadi langkah lain menuju tujuan tersebut, tetapi angka-angka tersebut baru akan dirilis pada Kamis, setelah Gubernur Fed mengakhiri dua hari kesaksian Kongres. Powell berbicara pada Selasa di hadapan Komite Perbankan Senat, diikuti oleh penampilan panel Parlemen AS pada Rabu.

Dengan data baru yang menunjukkan tingkat pengangguran tertinggi sejak akhir 2021, dan angka-angka lain yang menggambarkan pertumbuhan ekonomi yang lebih lemah, Powell kemungkinan akan ditekan lebih keras oleh beberapa anggota parlemen tentang mengapa The Fed ragu-ragu untuk menurunkan biaya pinjaman.

Pada Selasa, Powell mengatakan data terbaru menunjukkan inflasi kembali ke jalur penurunan, tetapi dia dan rekan-rekannya ingin melihat kemajuan itu terus berlanjut.