Logo Bloomberg Technoz

Hujan Lebat di Jakarta, Tebing Exit Tol Bintaro Veteran Longsor

Dovana Hasiana
06 July 2024 20:10

Longsor terjadi di Tol JORR W2S usai hujan lebat di Jakarta. (Dok. Jasa Marga)
Longsor terjadi di Tol JORR W2S usai hujan lebat di Jakarta. (Dok. Jasa Marga)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta melaporkan terjadi bencana longsor pada dinding penahan tanah atau segmental retaining wall (SRW) di akses keluar atau off ramp Veteran  Ruas Tol JORR W2S. Longsor disebut terjadi sekitar pukul 13.20 WIB, saat hujan lebat berlangsung nyaris sepanjang hari di wilayah DKI Jakarta. 

BPBD DKI Jakarta memastikan tidak terdapat korban jiwa akibat hal tersebut. Longsor diduga terjadi akibat curah hujan tinggi dan menyebabkan rembesan air dari saluran samping jalan ke dalam tanah sehingga mendorong tanah dan menyebabkan longsor. 

Akibat kejadian tersebut, puing longsor sempat menutup sebagian akses jalan lingkungan. Kepala BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji mengatakan penanganan masih berlangsung dan akan dilanjutkan pada besok.

“Tanah yang menutupi jalan telah dilakukan pengerjaan oleh Jasa Marga,” ujar Isnawa dalam keterangan tertulis, Sabtu (6/7/2024). 

Terpisah, Jasa Marga mengatakan penanganan dilakukan melalui Jasamarga Toll Road Maintenance (JMTM) dan Jasamarga Tollroad Operator (JMTO).