Logo Bloomberg Technoz

Panglima TNI Naikkan Pangkat Pejabat Kemhan Hingga Lemhanas

Dovana Hasiana
06 July 2024 19:30

Presiden Jokowi melanti Agus Subiyanto menjadi Panglima TNI. (Tangkapan Layar Youtube Setpres)
Presiden Jokowi melanti Agus Subiyanto menjadi Panglima TNI. (Tangkapan Layar Youtube Setpres)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima laporan korps kenaikan pangkat 22 Perwira Tinggi (Pati) TNI di Aula Gatot Soebroto, Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (5/7/2024). Mereka terdiri dari 11 Pati TNI Angkatan Darat (AD), 4 Pati TNI Angkatan Laut (AL) dan 7 Pati TNI Angkatan Udara (AU). 

"Saya harapkan kenaikan pangkat ini harus dipertanggungjawabkan secara pribadi, jangan sampai nanti makin tinggi pangkat makin bingung apa yang akan dilakukan," ujar Agus dalam siaran pers, dikutip Sabtu (6/7/2024).

Kenaikan pangkat 22 Pati TNI tersebut berdasarkan surat perintah Panglima TNI Nomor Sprin/1150/VI/2024 tanggal 26 Juni 2024.

Sebagian besar perwira tinggi ini bertugas di luar struktur TNI. Mereka adalah pejabat di Pusat Misi Pemelihara Perdamaian (PMPP); Universitas Pertahanan (Unhan); Kementerian Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam); Kementerian Pertahanan (Kemhan); dan Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas).

Beberapa di antara adalah staf ahli Presiden Terpilih Prabowo Subianto dalam tugasnya sebagai menteri pertahanan. Mereka adalah Mayor Jenderal Steverly Christmas Parengkuan yang menjabat sebagai Staf Ahli Menteri Pertahanan bidang Ekonomi; dan Marsekal Muda Sugiharto Prapto sebagai Staf Ahli Menhan bidang Sosial.