Logo Bloomberg Technoz

Diperpanjang Megawati, Daftar Pengurus Baru DPP PDIP Hingga 2025

Redaksi
06 July 2024 16:30

Megawati Soekarnoputri hadiri Pameran Seni Butet Kartaredjasa bertajuk 'Melik Nggendong Lali' di Galeri Nasional. (Bloomberg Technoz/Mis Fransiska)
Megawati Soekarnoputri hadiri Pameran Seni Butet Kartaredjasa bertajuk 'Melik Nggendong Lali' di Galeri Nasional. (Bloomberg Technoz/Mis Fransiska)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (Ketum PDIP) Megawati Soekarnoputri memperpanjang masa jabatan kepengurusan partai tersebut hingga 2025. Berdasarkan Kongres PDIP sebelumnya, kepengurusan ini seharusnya sudah berakhir pada September 2024.

Keputusan Megawati ini berarti menggeser masa kepengurusan sesuai dengan pelaksanaan kongres tiap lima tahun. 

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP bidang Politik, Puan Maharani mengatakan, perpanjangan masa jabatan pengurus sebagai bentuk adaptasi dari dinamika politik. Menurut dia, PDIP baru saja menuntaskan pertarungan pada Pemilu 2024. 

Akan tetapi, partai ini masih harus melanjutkan dengan mempersiapkan Pilkada Serentak 2024 yang akan digelar November mendatang. Hal ini membutuhkan kepengurusan yang solid untuk mempercepat seluruh proses pemenangan di sejumlah daerah.

Meski diperpanjang, Megawati ternyata memasukkan sejumlah nama baru ke dalam kepengurusan DPP PDIP. Dua di antaranya adalah mantan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang menjadi Ketua DPP PDIP bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah; serta mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama sebagai Ketua DPP PDIP bidang Perekonomian.