Logo Bloomberg Technoz

MIND ID-INCO Teken Perjanjian Jual Beli Bijih Nikel Mulai 2026 

Dovana Hasiana
06 July 2024 17:00

Logo PT Mineral Industri Indonesia./dok. MIND ID
Logo PT Mineral Industri Indonesia./dok. MIND ID

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Vale Indonesia (Tbk) atau INCO telah menandatangani Perjanjian Kerangka Kerja Offtake Bijih dengan PT Mineral Industri Indonesia (Persero) atau MIND ID selaku BUMN holding pertambangan pada Jumat (28/6/2024). 

Corporate Secretary INCO Natasya Suherto menjelaskan kerangka kerja tersebut mengatur kesepakatan bahwa MIND ID mendapatkan suatu hak untuk memilih antara membeli bijih saprolit atau bijih limonit tertentu yang diproduksi INCO sesuai dengan syarat dan ketentuan. Kesepakatan ini akan dilaksanakan mulai 2026. 

“Pembelian bijih tersebut akan diatur lebih lanjut dalam perjanjian definitif terpisah untuk setiap transaksi jual beli bijih yang bersangkutan,” ujar Natasya dalam keterangan tertulis, dikutip Sabtu (6/7/2024). 

INCO memastikan perjanjian ini tidak berpotensi mengakibatkan terganggunya kelangsungan usaha. Sehingga, kata dia pelaksanaan perjanjian tidak berdampak signifikan terhadap kondisi keuangan perseroan.

Sebelumnya, MIND ID juga telah mengumumkan penyelesaian transaksi pembelian atau divestasi 14% saham INCO dari Vale Canada Limited (VCL) dan Sumitomo Metal Mining Co., Ltd. (SMM).