Logo Bloomberg Technoz

Pepe mulai memecahkan rekor sebagai pemain tertua yang tampil pada ajang Euro saat Timnas Portugal menghadapi Ceko, Juni lalu. Saat itu, dia telah melewati rekor eks Kiper Hungaria Gábor Király yang sempat menjadi pemain tertua pada babak 16 besar Euro 2016. Király tercatat berusia 40 tahun 86 hari.

Sebelumnya, rekor juga sempat dipegang pemain Timnas Jerman Lothar Matthaus yang meraih caps ke-150 pada usia 39 tahun 91 hari di Euro 2000.

Perjalanan Pepe pada ajang Euro juga cukup baik. Dia mengawali debutnya pada Euro 2008 dengan mencetak gol saaw melawan Timnas Turki. Dia meraih capaian tertinggi saat menjadi juara bersama Portugal pada Euro 2016, dia pun dinobatkan sebagai pemain terbaik.

Daftar Rekor Tertua pada Perhelatan Euro

Pemain tertua yang mencetak gol

Rekor ini dibukukan pemain veteran Timnas Kroasia Luka Modrić yang menjebol gawan Timnas Italia pada babak grup B Euro 2024. Saat itu, punggawa Real Madrid tersebut sudah berusia 38 tahun 289 hari.

Pemain tertua yang meraih juara

Rekor ini sebenarnya bisa dipegang rekan Pepe di Timnas Portugal yaitu Ricardo Carvalho yang sudah berusia 38 tahun 53 hari saat Selecao meraih tropi Euro 2016. Akant tetapi, saat itu Carvalho tak tampil pada laga final.

Sehingga, trekon ini masih dipegang gelandang Timnas Belanda, Arnold Mühren bermain dan menjadi juara pada EURO 1988. Pada saat itu, Mühren berusia 37 tahun 23 hari ketika mengalahkan Timnas Uni Soviet di laga final.

Pemain tertua pada laga final

Jika hanya merujuk pada laga final saja, tanpa harus menang, kiper Timnas Jerman Jens Lehmann mencatatkan rekor berusia 38 tahun 232 hari pada final Euro 2008. Pada saat itu, Jerman gagal menjadi juara karena tumbang oleh Timnas Spanyol.

Pencetak gol tertua pada laga final

Kembali jika hanya berpaku pada laga final, pencetak gol usia tertua pada perhelatan Euro jatuh pada pemain belakang Timnas Italia Leonardo Bonucci. Dia mencetak gol dan turut menentukan kemenangan Italia atas Inggris pada Euro 2020. Saat itu, Bonucci berusia 34 tahun 71 hari.

(red/frg)

No more pages