Logo Bloomberg Technoz

"Jadi, kalau kita tidak bisa melindungi peritel itu bisa perdagangan ekspansi bisnis ekonomi kita juga bisa terganggu, seperti pemerintah pernah bilang bahwa lebih dari 52% pertumbuhan ekonomi asalnya dari konsumsi. Nah, retail ini yang mendukung terus menerus bagaimana konsumsi itu terjadi," ungkap Deputi I Perdagangan Dalam Negeri Hippindo Hasan Aula ketika ditemui pada kesempatan yang sama. 

Untuk diketahui, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyebut bakal menetapkan bea masuk produk impor hingga 200% untuk beberapa komoditas seperti produk kecantikan, alas kaki, keramik dan industri tekstil dan produk tekstil (TPT).

Zulhas, sapaan akrabnya, mengatakan penerapan BMTP dilakukan untuk melindungi produk dalam negeri dari serangan produk impor.

"Kita akan kenakan [bea masuk] ada yang 100%, ada yang 150%, ada yang 200%. Ada [produk] beauty, ada alas kaki, ada pakaian jadi, [tekstil dan produk tekstil] TPT, kemudian keramik. [Industri TPT] semua kena, ada yang dikenakan sampai 200%," ujar Zulhas di Bandung, Jawa Barat, Minggu lalu. 

Terbaru, Jumat (5/7/2024) kemarin, Zulhas memastikan bahwa komoditas yang akan terkena bea masuk impor melalui bea masuk tindak pengamanan (BMTP) dan bea masuk anti dumping (BMAD) adalah tekstil dan produk tekstil (TPT), pakaian jadi, keramik, elektronik, kosmetik, tekstil sudah jadi lainnya, dan alas kaki.

Sementara untuk besaran BMTP maupun BMAD, Zulhas mengatakan akan mengacu kepada lonjakan volume impor ke dalam negeri. Terlebih, dengan volumenya yang kian tinggi, kini makin berdampak pada efisiensi hingga gulung tikar di dunia industri, termasuk tekstil dan produk tekstil. 

"[Nanti] dicek dari asosiasi datanya yang bangkrut yang mana, yang tutup yang mana misalnya ekspor A dulunya 1, sekarang jadi 2 naik terus 100% berturut-turut selama 3 tahun Nah, ini kita lihat. Dilihat, ya. Nah, setelah itu baru akan ditentukan nanti bea masuk tindakan pengamanan. Berapa? akan dihitung yang bisa mengamankan produk-produk kita, " pungkasnya. 

(prc/lav)

No more pages