Logo Bloomberg Technoz

Emas Menuju Kenaikan Mingguan Seiring Rilis Data Pekerjaan AS

News
05 July 2024 19:20

Ilustrasi emas batangan. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi emas batangan. (Dok: Bloomberg)

Jake Lloyd-Smith - Bloomberg New

Bloomberg, Emas menuju kenaikan mingguan berturut-turut di tengah ekspektasi bahwa Federal Reserve akan memangkas suku bunga sebelum akhir tahun, dan para pelaku usaha menantikan data upah AS untuk mendapatkan petunjuk berikutnya mengenai prospek tersebut.

Emas batangan untuk pengiriman segera sedikit berubah mendekati $2,363 per ounce pada hari Jumat setelah naik lebih dari 1% pada minggu ini. Perak juga mendapat keuntungan dari kenaikan ini, naik kembali ke $31 per ounce. 

Laporan pada hari Rabu menunjukkan sektor jasa Amerika berkontraksi pada laju tercepat dalam empat tahun, sementara pasar tenaga kerja menunjukkan tanda-tanda pelemahan lebih lanjut. Jika tren inflasi terus menurun, perlambatan tersebut dapat memungkinkan The Fed mengurangi biaya pinjaman, sehingga membantu emas karena tidak membayar bunga.

Dorongan emas yang lebih tinggi minggu ini memperpanjang kenaikan tiga kuartalnya, dengan harga mencapai rekor tertinggi di bulan Mei. Reli ini didorong oleh pembelian bank sentral yang besar dan ketegangan geopolitik.Pembelian di Asia juga membantu penurunan mata uang lokal, dimana investor mencari aset yang dapat mempertahankan nilainya.