Logo Bloomberg Technoz

Pesawat Boeing 787-9 Milik Air New Zealand Terbakar di Udara

Redaksi
05 July 2024 18:05

Pesawat Air New Zealand. Fotografer: Brendon O'Hagan/Bloomberg
Pesawat Air New Zealand. Fotografer: Brendon O'Hagan/Bloomberg

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pesawat Boeing 787-9 Dreamliner milik maskapai Air New Zealand terpaksa balik arah setelah terjadi kerusakan mesin hingga terbakar di atas langit Pasifik.

Dikutip dari The New Zealand Herald, pesawat Air New Zealand kembali ke Auckland 2,5 jam setelah penerbangan. Penyebannya, ada indikasi kerusakan mesin di udara. Pilot kemudian membuang sejumlah bahan bakar jet, kata penumpang Brock Fenwick.

“Bayangkan semacam asap hitam, seperti di film saat pesawat jatuh, jejak asap keluar dari sayap. Persis seperti itu – dua jejak asap hitam,” kata Fenwick kepada The New Zealand Herald, tentang bahan bakar yang mengalir dari pesawat.

Kepala petugas integritas operasional dan keselamatan Air NZ Kapten David Morgan mengonfirmasi penerbangan NZ81, tipe Boeing 787-9 Dreamliner, menuju Hong Kong pada hari Kamis harus berbalik arah setelah muncul kode kesalahan yang menunjukkan masalah pada mesin.

“Pesawat memerlukan fungsi anti-es di salah satu mesinnya untuk diperiksa oleh tim pemeliharaan kami, dan melakukan hal ini di Auckland dibandingkan di Hong Kong akan memastikan pesawat dapat kembali beroperasi lebih cepat," kata Morgan.