Logo Bloomberg Technoz

BMKG Prediksi Wilayah Indonesia Dilanda Hujan Pekan Depan

Redaksi
05 July 2024 17:25

Hujan Badai di Jakarta (Bloomberg Technoz)
Hujan Badai di Jakarta (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai kilat/angin kencang akan terjadi di sebagian besar wilayah Indonesia pada 5-11 Juni 2024.

Deputi Bidang Meteorologi Guswanto mengatakan wilayah yang dimaksud antara lain, Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua.

"Fenomena ini disebabkan oleh dinamika atmosfer skala regional - global yang cukup signifikan. Di antaranya, termonitornya aktivitas fenomena Madden Julian Oscillation (MJO), Gelombang Kelvin dan Rossby Equatorial di sebagian besar wilayah," ujar Guswanto dalam keterangan tertulis, Jumat (5/7/2024).

Selain itu, suhu muka laut yang hangat pada perairan wilayah sekitar Indonesia memberikan kontribusi dalam menyediakan kondisi yang mendukung pertumbuhan awan hujan signifikan di wilayah Indonesia.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menjelaskan fenomena atmosfer ini yang memicu terjadinya dinamika cuaca yang berakibat masih turunnya hujan di sebagian besar wilayah Indonesia.