Logo Bloomberg Technoz

Ini adalah upaya terbaru dari perusahaan-perusahaan AS untuk menolak upaya Trudeau mengalihkan uang dari perusahaan asing ke sektor media dan berita Kanada. 

Meta Platforms Inc telah memblokir berita di Facebook dan Instagram di Kanada sejak tahun lalu untuk menghindari pembayaran di bawah undang-undang yang terpisah.

Regulator penyiaran negara, Komisi Radio-televisi dan Telekomunikasi Kanada, memperkirakan bulan lalu bahwa pajak baru pada perusahaan streaming asing akan menghasilkan C$200 juta (Rp2,3 triliun) setiap tahun untuk produksi berita lokal serta konten lainnya.

Dalam aplikasi pengadilan mereka yang tertanggal Selasa, perusahaan-perusahaan tersebut menuduh bahwa regulator "bertindak tidak masuk akal dengan memaksa perusahaan daring asing untuk memberikan kontribusi uang untuk mendukung produksi berita" dan bahwa mewajibkan mereka untuk mendanai program berita adalah "tidak masuk akal."

"Persyaratan ini tidak sesuai dengan sifat layanan yang mereka berikan, juga tidak adil."

CRTC belum mengajukan tanggapan di pengadilan dan menolak berkomentar tentang masalah hukum yang sedang berlangsung.

Kantor Menteri Warisan Kanada Pascale St-Onge mengatakan perusahaan komunikasi lokal telah mendukung ekosistem berita yang berkelanjutan, sementara perusahaan streaming asing telah menghasilkan "keuntungan besar" di negara tersebut tanpa berkontribusi pada sistem dalam negeri.

"Saat warga Kanada menghadapi meningkatnya misinformasi dan disinformasi, sangat penting untuk memiliki jurnalisme yang dapat dipercaya yang meminta pertanggungjawaban kepada mereka yang berkuasa dan mengajukan pertanyaan sulit atas nama warga Kanada," katanya dalam sebuah pernyataan.

(bbn)

No more pages