Logo Bloomberg Technoz

Netflix, Disney Dkk Minta Pengadilan Kanada Ubah Nilai Pajak

News
05 July 2024 15:00

Netflix (Sumber: Bloomberg)
Netflix (Sumber: Bloomberg)

Randy Thanthong-Knight - Bloomberg News

Bloomberg, Raksasa layanan streaming AS meminta pengadilan Kanada untuk mengubah pajak baru sebesar 5% yang diberlakukan oleh Perdana Menteri Justin Trudeau atas pendapatan mereka di negara tersebut agar menghapus persyaratan bahwa mereka harus mendanai berita lokal.

Motion Picture Association-Canada — yang mewakili studio-studio termasuk Netflix Inc, Paramount Global, dan Walt Disney Co ingin Pengadilan Banding Federal membatalkan kewajiban baru yang memaksa platform streaming asing untuk berkontribusi pada dana berita independen lokal sebagai bagian dari Undang-Undang Streaming Online.

Meskipun perusahaan-perusahaan tersebut tidak menentang seluruh pajak 5% — yang hasilnya juga akan digunakan untuk jenis program Kanada lainnya dan pembuat konten kulit hitam serta penduduk asli — mereka menentang pembayaran kontribusi dasar sebesar 1,5% untuk produksi berita Kanada.

Persyaratan baru ini "adalah tindakan diskriminatif" dan "bertentangan dengan tujuan menciptakan kerangka kerja yang modern dan fleksibel yang mengakui sifat layanan yang disediakan oleh streamer global," kata Wendy Noss, presiden asosiasi tersebut, dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis.