Logo Bloomberg Technoz

Dolar AS bergerak landai di 104,99, melontar sinyal para pelaku pasar yang optimistis data pasar tenaga kerja nanti malam akan memberikan konfirmasi tentang jalur penurunan bunga acuan Federal Reserve (The Fed) tahun ini. 

Asing masuk lagi

Sampai jelang penutupan pasar hari ini, asing terlihat aktif memborong saham dan surat utang. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melanjutkan penguatan di zona hijau untuk hari ketiga berturut-turut di kisaran 7.240. Asing telah mencatat net buy sebesar US$48 juta pada Kamis lalu.

Sedangkan di pasar surat utang asing membukukan net buy US$17 juta pada 4 Juli, menurut data yang terakhir dilansir oleh Kementerian Keuangan. Pada pukul 14:46 WIB, hampir semua tenor Surat Berharga Negara (SBN) mencatat penurunan imbal hasil. Yield SBN-10Y turun 1 bps ke 7,078%, lalu tenor 5Y saat ini ada di 6,953%, disusul tenor 2Y di 6,785%.

Hari ini, Bank Indonesia juga mengadakan lelang Sertifikat Rupiah Bank Indonesia (SRBI). Animo pemodal terlihat sedikit turun 5% dengan incoming bids sebesar Rp25,9 triliun, dibanding angka penawaran lelang SRBI pada Rabu yang mencapai Rp27,24 triliun.

Tenor favorit investor masih di SRBI-12 bulan yang pada lelang hari ini dimenangkan di bunga diskonto tetap tinggi di 7,251%, sedikit lebih kecil dibanding lelang sebelumnya sebesar 7,260%. 

(rui)

No more pages