Logo Bloomberg Technoz

PKS Kembali Ungkap Kejanggalan Proses Pemilihan Hasyim Asy'ari Cs

Mis Fransiska Dewi
05 July 2024 14:30

Kronologi dan Profil Hasyim Asy'ari yang Dipecat Kasus Asusila
Kronologi dan Profil Hasyim Asy'ari yang Dipecat Kasus Asusila

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemecatan terhadap Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari turut menyoal tentang kualitas proses seleksi terhadap anggota lembaga penyelenggara pemilu periode 2022-2027. Sejumlah kritik menyasar tentang lemahnya seleksi sehingga tak menghasilkan sosok-sosok yang cukup ideal untuk menjabat sebagai anggota KPU.

Anggota Komisi II DPR, Mardani Ali Sera pun mengungkap sejumlah kejanggalan yang terjadi pada saat proses uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test calon anggota KPU pada awal 2022. Dia menduga pemilihan terhadap tujuh anggota KPU yang saat ini menjabat telah memiliki skenario untuk meloloskan sejumlah nama pesanan.

"Saya mungkin sedikit reminder, saat pemilihan komisioner ini. Saat fit and proper test kalau teman-teman ingat tiga hari, tapi hari kedua bocor komisioner yang akan terpilih siapa," kata Mardani di Kompleks Parlemen, Kamis (4/7/2024).

"Saya sempat diundang di salah satu TV saya bilang 'kalau ini besok yang dipilih, berarti memang ada skenario' dan itu buruk. Kalau karena kasus sekarang bisa jadi skenario itu terbukti bahwa ada pesanan-pesanan."

Menurut dia, sangat aneh jika daftar calon terpilih sudah ada padahal proses seleksi masih berjalan. Hal ini seolah menunjukkan proses fit and proper test di DPR hanya sebuah formalitas. Nama-nama yang terpilih sudah ditentukan sejak awal.