Logo Bloomberg Technoz

Suharso Yakin Proyek IKN Tetap Jalan di Era Prabowo

Azura Yumna Ramadani Purnama
05 July 2024 13:26

Menteri PPN/ Kepala Bappenas Suharso Monoarfa Saat Konfrensi Pers RAPBN dan Nota Keuangan 2024. (Tangkapan Layar Youtube Kemenkeu)
Menteri PPN/ Kepala Bappenas Suharso Monoarfa Saat Konfrensi Pers RAPBN dan Nota Keuangan 2024. (Tangkapan Layar Youtube Kemenkeu)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas Suharso Monoarfa meyakini proyek Ibu Kota Nusantara (IKN) akan tetap berjalan sesuai target pada era pemerintahan Presiden Terpilih Prabowo Subianto. 

Pernyataan ini disampaikan menanggapi ramainya isu yang beredar terkait potensi proyek IKN mangkrak seiring hadirnya program makan gratis dengan postur anggaran jumbo yang diusung tim Prabowo.

"Keyakinan saya, optimisme saya, IKN akan jadi, akan jalan," ujar Suharso kepada awak media. 

Menurut Suharso, pemerintah seharusnya tak perlu memilih antara dua program tersebut, dan tak perlu pula bingung mengalokasikan anggaran negara untuk salah satu program. Pasalnya, proyek IKN tidak harus selamanya menggunakan anggaran negara, melainkan bisa dengan sumber dana investasi lain. 

"Itu kan tidak harus selamanya APBN kan? Membangun kota kan bisa dengan partisipasi publik, investor dan seterusnya," papar Suharso.