Logo Bloomberg Technoz

Partai Buruh Menang Pemilu, Starmer Ganti Sunak Jadi PM Inggris

News
05 July 2024 12:15

Pemimpin Partai Buruh Inggris Keir Starmer. (Sumber: Bloomberg)
Pemimpin Partai Buruh Inggris Keir Starmer. (Sumber: Bloomberg)

Joe Mayes dan Isabella Ward - Bloomberg News

Bloomberg, Partai Buruh yang dipimpin Keir Starmer memenangkan pemilu di Inggris dan berpotensi meraih kursi mayoritas di parlemen dengan suara yang masih dihitung. Hasil ini mengguncang politik Inggris setelah Partai Konservatif yang dipimpin Rishi Sunak takluk.

Secara mengejutkan, Partai Buruh meraih 326 kursi di House of Commons tepat sebelum pukul 5 pagi pada Jumat (05/07/2024). Ini menjadikan Partai Buruh akan menjadi pemilik suara mayoritas.

Hasil ini mengkonfirmasi perubahan luar biasa bagi partai Starmer dalam satu siklus pemilu. Berdasarkan exit poll resmi, Partai Buruh diperkirakan akan memenangkan 410 dari 650 kursi, jumlah terbesar sejak kemenangan besar Tony Blair pada 1997.

Hasil pemungutan suara pemilu Inggris. (Sumber: Bloomberg)

Kemenangan ini terjadi saat Partai Konservatif, yang menyebut diri mereka sebagai partai alami dalam pemerintahan, menghadapi kehancuran yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah mereka. Beberapa nama besar dari Partai Konservatif telah kehilangan kursi, termasuk Menteri Pertahanan Grant Shapps. Hasil exit poll menunjukkan mereka akan memenangkan 131 kursi, sementara Partai Reformasi Inggris yang dipimpin Nigel Farage mengambil sebagian besar dukungan dari Partai Konservatif.