Logo Bloomberg Technoz

Apakah Server PDN Bisa Dibuka Pakai Kunci Gratis Hacker?

Mis Fransiska Dewi
05 July 2024 11:15

Ilustrasi pusat data. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi pusat data. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Polhukam Hadi Tjahjanto memberi pernyataan terbaru terkait pemulihan (recovery) server PDNS 2 Surabaya yang sempat mengalami kelumpuhan akibat serangan Brain Cipher Ransomware terus berjalan.

Ia memastikan pemulihan pemulihan PDNS 2 Surabaya yang dikelola TelkomSigma, anak usaha PT Telkom, terus berjalan. Namun Hadi tidak menjelaskan lebih jauh perihal tingkat keberhasilkan kunci enkripsi data yang diberikan grup hacker ransomware untuk PDNS 2.

“Pemerintah saat ini terus meningkatkan pusat data nasional (PDN) pengganti PDNS 2 Surabaya untuk backup berlapis,” jelas Hadi dalam keterangan pers di kantornya, Jumat (5/7/2024).

Tidak hanya itu, Hadi mengklaim tim KSO memastikan keamanan siber berlapis agar tindak peretasan bisa dicegah dan tidak terulang kembali. “Pengamanan baik terus dilakukan,” kata dia.

Kamis (4/7/2024) kemarin, Ditjen Aptika Semuel Abrijani Pangerapan, yang telah menyatakan secara terbuka pengunduran diri,  menjelaskan bahwa  belum bisa memastikan apakah PDN bisa pulih segera atau tidak mesti kunci ekripsi telah didapatkan Kominfo.