Logo Bloomberg Technoz

AS: Ada Kemajuan soal Pembicaraan Genjatan Senjata Israel-Hamas

News
05 July 2024 10:30

Konflik Israel Hamas di wilayah Palestina. (Dok: Bloomberg)
Konflik Israel Hamas di wilayah Palestina. (Dok: Bloomberg)

Alisa Odenheimer dan Akayla Gardner - Bloomberg News

Bloomberg, Seorang pejabat senior pemerintahan AS mengatakan Hamas telah secara umum menyetujui kerangka proposal gencatan senjata dengan Israel. Namun, mekanisme kesepakatan tersebut masih belum terselesaikan.

Gagasan itu diterima awal pekan ini melalui pejabat Qatar, yang telah menjadi perantara utama antara Hamas dan Israel, bersama dengan Mesir. Menyebut gagasan tersebut sebagai hal yang menggembirakan, pejabat itu mengatakan hal ini dapat menjadi dasar bagi kesepakatan yang pada awalnya akan mengarah pada pembebasan sandera yang sakit, terluka, perempuan, dan pria tua dari Gaza.

Pejabat tersebut berbicara setelah percakapan via telepon selama setengah jam antara Presiden Joe Biden dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. Pejabat itu mengatakan pergerakan tersebut cukup signifikan sehingga Israel mengirim delegasi untuk bernegosiasi di Qatar, dalam pembicaraan yang juga akan diikuti oleh para pejabat AS.

Gagasan tersebut — yang bertujuan untuk implementasi akhir pada musim gugur, kata pejabat AS itu — datang ketika pertempuran meningkat antara Israel dan Hizbullah, milisi kuat di Lebanon.