Logo Bloomberg Technoz

Utang AS Meningkat, S&P Keluarkan Peringatan

News
05 July 2024 09:10

Ilustrasi perkotaan di Amerika Serikat (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi perkotaan di Amerika Serikat (Sumber: Bloomberg)

Craig Stirling - Bloomberg News

Bloomberg, Dua perusahaan pemeringkat kredit menyoroti peningkatan utang yang tak terkendali di Amerika Serikat (AS) dan negara-negara maju lainnya. S&P Global Ratings memperingatkan bahwa hanya tekanan pasar yang parah yang dapat mengubah tren utang tersebut.

Analisis yang dilakukan terhadap negara-negara G-7 dan negara-negara dengan ekonomi setara lainnya ini semakin meningkatkan sorotan terhadap pinjaman mereka, di minggu di mana dua negara akan menggelar pemilihan umum, dan setelah Bank for International Settlements (BIS) memperingatkan bahwa pemerintah rentan terhadap hilangnya kepercayaan secara tiba-tiba.

Dalam laporan S&P yang dirilis pada Kamis (04/07/2024), disebutkan bahwa prospek AS, Italia, dan Prancis untuk mempertahankan tingkat utang yang saat ini sudah tinggi sangatlah kecil.

"Pada tahap siklus pemilu saat ini, hanya peningkatan tajam dalam tekanan pasar yang dapat mendorong pemerintah-pemerintah ini untuk menerapkan konsolidasi fiskal yang lebih tegas," tulis analis yang dipimpin oleh Frank Gill. "Meskipun demikian, penurunan tajam dalam kondisi pinjaman juga akan meningkatkan jumlah penyesuaian fiskal yang diperlukan."

S&P Global Ratings primary balance. (Sumber: Bloomberg)