Logo Bloomberg Technoz

IHSG Dibuka Menguat 0,3% Jelang Rilis Data Tenaga Kerja AS

Muhammad Julian Fadli
05 July 2024 09:14

Karyawan melhat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Karyawan melhat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Jumat (5/7/2024), dibuka menguat. Pada pukul 9.08, indeks mencatatkan kenaikan 22,01 poin atau setara dengan 0,3% ke level 7.242.

Berdasarkan data perdagangan Bursa Efek Indonesia, volume perdagangan tercatat 1,3 miliar saham dengan nilai transaksi Rp626 miliar. Adapun frekuensi yang terjadi sebanyak 92.746 kali.

Sebanyak 168 saham menguat, dan 145 saham melemah. Sementara, 221 saham tidak bergerak.

Sentimen pada perdagangan hari ini utamanya datang dari global. Jelang rilis data pengangguran, dan rekrutmen tenaga kerja utama nanti malam atau Jumat pagi waktu AS, yaitu data tingkat pengangguran AS pada Juni, lalu Non-Farm Payroll (NFP) juga akan dirilis.

“Pasar memperkirakan lapangan kerja akan menunjukkan sedikit perlambatan atau stabilitas. Tanda apapun bahwa perekonomian AS melambat lebih cepat bisa menjadi hal yang sangat positif bagi mata uang negara-negara berkembang,” kata Marco Oviedo, Ahli Strategi Investasi Senior di XP Investimentos di Sao Paulo, seperti yang diwartakan Bloomberg News.