Logo Bloomberg Technoz

BPOM Temukan Zat Pewarna Pemicu Kanker di Cone Es Krim

Dinda Decembria
05 July 2024 09:20

Pembeli memlih makanan di pasar Ramadan Benhil, Jakarta Pusat, Jumat (24/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Pembeli memlih makanan di pasar Ramadan Benhil, Jakarta Pusat, Jumat (24/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menemukan jajanan pasar yang menggunakan bahan pangan tidak aman yang bisa mengancam kesehatan.

Plt Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI Lucia Rizka Andalusia menyebut makanan yang menggunakan bahan pangan berbahaya banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Penemuan ini karena pihaknya secara aktif melakukan survei ke pasar-pasar. 

"Contohnya paling banyak, bakso soto mi, beli mi goreng, mi warna kuning dan dia awet mau berapa hari? Seminggu lebih dia ga rusak, bulanan bahkan mengandung formalin," ujarnya kepada wartawan di kawasan Jakarta Selatan.

Berikutnya, BPOM juga menemukan bahan tambahan pangan pewarna rhodamin B dan metanil yellow pada jajanan pasar.

"Es krim cone-nya warna merah ini yang mengandung rhodamin B ini juga terus digalakkan badan BPOM. Selain itu juga ada pewarna yaitu metanil yellow," terangnya.