Logo Bloomberg Technoz

Rupiah Ambles 1,2% Selama Juni, Cadangan Devisa Terkuras Berapa?

Tim Riset Bloomberg Technoz
05 July 2024 09:00

Ilustrasi Dolar AS (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi Dolar AS (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bank Indonesia dijadwalkan mengumumkan posisi cadangan devisa bulan Juni pada hari ini, Jumat (5/7/2024).

Nilai cadangan devisa Juni kemungkinan stagnan, bahkan berpotensi turun menilik pelemahan rupiah sepanjang bulan lalu diperkirakan telah menguras banyak stok valas bank sentral. Namun, potensi penurunan nilai cadev mungkin terbatas karena pada bulan lalu pemerintah melakukan penarikan utang sukuk global baru senilai US$2,35 miliar.

Rupiah sepanjang Juni melemah sedikitnya 1,2% dengan menyentuh level terlemah baru di Rp16.450/US$, terlemah sejak awal April 2020. Berkaca pada kejadian April ketika cadev RI berkurang hingga US$4,17 miliar dalam sebulan saja, ketika itu rupiah melemah dengan cepat hingga 2,35%.

Dengan pelemahan rupiah pada Juni yang cukup dalam namun tidak separah kejadian April, tekanan pada cadev mungkin lebih terbatas. Posisi cadev Juni kemungkinan bergerak di kisaran US$137 miliar-US$143 miliar.

Posisi cadangan devisa RI pertama kali naik tahun ini pada Mei lalu menjadi US$139 miliar setelah empat bulan berturut-turut terkuras lebih dari US$10 miliar dan mendorong BI mengambil putusan kenaikan BI rate.